15 UMKM Berpotensi Perluas Pasar Ekspor

GeTI Incubator memberikan dukungan kepada 15 UMKM binaan untuk berkembang. Itu didasari pada produk yang dihasilkan oleh UMKM tersebut banyak melibatkan kaum rentan dan berkelanjutan

featured-image

PT Global Edukasi Talenta Inkubator atau GeTI Incubator memberikan dukungan kepada 15 binaan untuk berkembang. Itu didasari pada produk yang dihasilkan oleh UMKM tersebut layak untuk didorong lantaran banyak melibatkan dan prinsip keberlanjutan. "Perkembangan dari desain dan produk-produk yang ditampilkan sangat menarik sekali.

Tidak hanya menonjolkan , keunikan, dan kreativitas, tapi juga sudah menerapkan prinsip keberlanjutan dan inklusivitas," ujar Direktur Pengembangan Bisnis GeTI Incubator Divera Wicaksono dikutip dari keterangan pers, Senin (21/10). Dukungan diberikan dalam rangka penyelenggaraan Inacraft 2024 beberapa waktu lalu. Divera menyatakan, dukungan langsung yang diberikan GeTI Incubator di antaranya adalah kurasi produk UMKM Binaan PLN yang dan inklusif, optimalisasi penjualan produk melalui di social commerce, sampai promosi katalog produk di media sosial.



15 UMKM Binaan PLN yang hadir di INACRAFT on October 2024, yaitu: Hexagon, Paste Lab, Sackai Bags, Tall & Co Leather, Secret Potion, RV Craft, Kreaby, Astagunaku, GK Silver, D'Belel, Gonau, Pulas Katumbiri, Sancraft, Didik Warsito, dan Nikhol. Semua UMKM Binaan PLN melakukan produksi dengan semangat ramah lingkungan dan inklusif, dibuktikan dengan penggunaan limbah sampah plastik, limbah tekstil, kedaluwarsa, kayu olahan ramah lingkungan, sampai mengoptimalkan produktivitas kelompok marjinal dan masyarakat adat. Produk yang menerapkan prinsip keberlanjutan, ucap Divera, memang memiliki lebih.

Apalagi dikombinasikan dengan kreativitas dan semangat inklusivitas sebagaimana yang diterapkan UMKM Binaan PLN dengan berkolaborasi dengan teman-teman . “Ini sebuah inovasi, sebuah metode atau konsep pengembangan produk yang sangat baik sekali, sehingga tidak hanya memanfaatkan, (tapi) bisa mengombinasikan antara kreativitas dengan keberlangsungan lingkungan. Buat saya ini luar biasa sekali,” tutur Divera Dukungan yang diberikan GeTI Incubator juga membawa dampak positif.

Hal tersebut setidaknya terlihat dari transaksi di booth PLN dalam Inacraft on October 2024 yang mencapai Rp1,08 miliar. Business Development Advisor ExportHub.id dan Personal Branding Coach Diah Ayu Olif mengapresiasi produk-produk UMKM Binaan PLN.

Menurutnya, semua produk memiliki kualitas yang baik dan sangat berpotensi untuk menembus pasar global. Menurut Olif, peluang ekspor untuk UMKM Binaan PLN terbuka lebar. Yang terpenting adalah, imbuhnya, selalu menjaga kualitas, kuantitas, dan konsistensi ketika sudah ekspor.

“Jadi setiap bulannya itu memang kalau ada permintaan, let’s see misalnya harus memenuhi tiga kontainer, artinya every month itu dia (UMKM yang ekspor) harus melakukan juga pengiriman tiga kontainer,” ujarnya Ke depan, lanjut Diah, GeTI Incubator akan semakin menguatkan komitmen untuk terus bersinergi dengan berbagai pihak dalam mendorong pengembangan UMKM di Indonesia, bahkan untuk siap go global. "Hal senada juga berlaku dalam memberikan dukungan nyata terhadap UMKM yang mengusung prinsip keberlanjutan dan inklusivitas," pungkasnya. (Z-10).